News

Tuesday 24 January 2012

Sarutobi Sasuke

Nama Sarutobi Sasuke mungkin sangat familiar di telinga pecinta Anime, terutama Naruto. Tapi yang dimaksud di sini bukanlah kakek Hokage ketiga Sarutobi dan temannya Naruto yang bernama Sasuke. Tetapi menurut analisaku, pengarang Naruto yaitu Pak Masashi Kishimoto menamai dua karakter Anime tersebut dengan nama seorang legenda ninja Jepang, yaitu Sarutobi Sasuke.

Untuk mengetahui cerita Sarutobi Sasuke, kita harus menilik cerita sang legenda samurai, Sanada Yukimura. Mungkin yang sudah nonton “Samurai High School” tahu nama ini. Yukimura adalah seorang jago pedang, ahli strategi dan jendral berbakat yang disegani kawan maupun lawan. Kematiannya yang heroik membuatnya dianggap sebagai prajurit terhebat dan tokoh paling populer dalam periode Sengoku. Dia seringkali dijuluki pahlawan yang muncul setiap seratus tahun sekali. Legenda mengatakan dia juga anggota salah satu perkumpulan ninja dan mempunyai sepuluh bawahan yang dikenal sebagai Sepuluh Pendekar Sanada yang adalah kaum ninja, salah satunya adalah Pak Sarutobi Sasuke tadi.

Tokoh Sanada Yukimura juga muncul sebagai tokoh manga Samurai Deeper Kyo. Manga ini disadur dari cerita sejarah Jepang seperti halnya Samurai X tapi berada di era Sengoku yang lebih awal daripada cerita perjuangan Kenshin di era Meiji.Sedangkan tokoh Sarutobi Sasuke muncul sebagai dua tokoh ninja yang berbeda di manga/Anime Naruto.

Dalam Naruto, Sarutobi adalah nama klan (marga) dari Hokage (pemimpin) ketiga desa Konoha, yakni Hiruzen Sarutobi. Diceritakan Hiruzen mempunyai anak bernama Asuma Sarutobi (gurunya Shikamaru), dan seorang cucu bernama Konohamaru Sarutobi (ga tau siapa bapak-ibunya). Dan ternyata dalam versi manga di chapter 500 disebutkan bahwa ayah Hiruzen Sarutobi bernama Sasuke Sarutobi. Apakah yang dimaksud adalah sang legenda ninja? Mungkin…

Nama Sasuke juga dipakai sebagai nama kompetisi olahraga berbau ninja di Jepang yang ditayangkan di televisi. Acara ini lebih dikenal dengan nama Ninja Warrior. Di Indonesia dulu pernah ditayangkan di TPI.
Jadi, sampai sekarang nama legenda ninja Sarutobi Sasuke masih dipakai sebagai nama prajurit ninja yang berkemampuan hebat.

SUMBER

1 comment:

  1. Sebenarnya kalo mau lebih tau ada di anime sengoku Basara ,bukan di samurai deeper atau Naruto , di anime sengoku Basara ceritanya itu tentang perang soalnya, dan sanada yukimura Ama Sasuke sarutobi juga ada min jadi di anime itu juga dia bersangkutan

    ReplyDelete